Jumat, 13 Maret 2015

5 Situs Web Alternatif Google Project Hosting

Hadir sejak tahun 2006 lalu, Google Project Hosting telah menjadi rumah dari berbagai proyek pengembangan aplikasi yang sifatnya terbuka. Seiring waktu berlalu, Google Project Hosting akan menghentikan segala bentuk proyek pengembangan aplikasi yang dibangun terhitung sejak tanggal 12 Maret 2015. Namun bagi aplikasi yang telah dibangun sebelum waktu tersebut masih dapat digunakan dan pengembang memiliki kesempatan untuk memindahkan proyeknya ke situs penyedia layanan sejenis. Google Project Hosting akan benar-benar menghentikan layanannya pada tanggal 25 Januari 2016.

Kepowan-5SitusAlternatifGoogleProjectHosting.png
Screenshot Penghentian Pembuatan Proyek
Pada
Google Project Hosting

Langkah berikut menyambut penghentian layanan Google Project Hosting bagi para pengembang aplikasi adalah memindahkan proyeknya ke situs yang memberikan layanan sejenis. Adapun situs pemberi layanan sejenis Google Project Hosting sangat banyak dan mudah ditemukan di internet dan yang langsung direkomendasikan adalah:
  • GitHub, merupakan tempat yang tepat untuk berbagi kode dengan teman, rekan kerja, rekan sekelas bahkan dengan orang asing sekalipun. Telah lebih jutaan orang yang memanfaatkan GitHub untuk membangun berbagai aplikasi.
  • Bitbucket, merupakan tempat untuk menyimpan, mengatur dan berbagi repositori Git dan Mercurial secara gratis.
  • SourceForge, merupakan komunitas sumber terbuka yang mendedikasi diri pada pengembangangan proyek terbuka untuk mencapai hasil yang optimal.

Selain tiga situs diatas, bisa juga memanfaatkan layanan dari situs:
  • Google Drive, terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Plus dan lainnya. Google Drive memberikan ruang yang cukup besar untuk menyimpan beragam proyek berbasis situs web.
  • Blogger, situs web ini memang lebih dikenal sebagai media untuk membuat blog namun proyek yang berupa javascript juga bisa langsung disimpan didalamnya yang mana javascript tersebut pada umumnya untuk menunjang fungsional dari suatu template hasil modifikasi yang dilakukan secara mandiri.

Semoga bermanfaat dan selamat tinggal Google Project Hosting!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..