Rabu, 11 Maret 2015

2 Cara Mengekstrak URL Dengan Microsoft Excel

Saya telah menyebarkan tautan unggulan pada beberapa situs web/blog termasuk situs media sosial. Tautan penyebaran tersebut telah saya simpan dan susun sedemikian rupa sehingga saya mengetahui dengan persis berapa banyak jumlah tautan tersebut.

Setelah menyebarkan tautan unggulan pada beberapa situs web/blog termasuk situs media sosial yang mana dari sisi kuantitas dengan mudah diketahui tetapi saya juga ingin mengetahui domain dari situs web/blog tersebut.

Untuk mengetahui domain dari situs web/blog tempat dimana saya menyebarkan tautan unggulan yang saya miliki maka saya menggunakan Microsoft Excel untuk mengekstrak URL.

Penjudulan Sel

Pada Sel A1, saya memberi judul URL.
Pada Sel B1, saya memberi judul www agar domain dari situs web/blog yang diekstrak tetap mengandung awalan www.
Pada Sel C1, saya memberi judul No www agar domain dari situs web/blog yang diekstrak tidak mengandung awalan www.

Sumber Data Dan Formula

Pada Sel A2 hingga seterusnya, saya mengisinya dengan URL dari situs web/blog tempat dimana saya menyebarkan tautan unggulan.
Pada Sel B2, untuk mendapatkan ekstraksi URL dengan awalan www, saya mengaplikasikan formula berikut: =MID(A2,FIND(":",A2,4)+3,FIND("/",A2,9)-FIND(":",A2,4)-3).
Pada Sel C2, untuk mendapatkan ekstraksi URL tanpa awalan www, saya mengaplikasikan formula berikut:
=IF(ISERROR(FIND("//www.",A2)), MID(A2,FIND(":",A2,4)+3,FIND("/",A2,9)-FIND(":",A2,4)-3), MID(A2,FIND(":",A2,4)+7,FIND("/",A2,9)-FIND(":",A2,4)-7)).

Screenshot Hasil Pengekstraksian URL


Kepowan-2CaraMengekstrakURLDenganMicrosoftExcel.png

= * = * =

Demikianlah cara saya mengekstrak URL dengan Microsoft Excel yang hasil akhirnya akan mendapatkan domain dengan dan tanpa awalan www.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..