Senin, 09 Maret 2015

Ekspansi Top Level Domain: Subdomain atau Subdirektori?

Sebagai pembahasan awal, mungkin perlu sedikit penjabaran mengenai Top Level Domain, Subdomain dan Direktori.

Kepowan-MelacakMemonitorPengunduhanPengaksesanBerkasBlogBloggerGoogleAnalytics.png

Top Level Domain

Top Level Domain adalah salah satu level tertinggi dari suatu hirarki Sistem Nama Domain dilingkungan internet. Contohnya: kepowan.ga.

Untuk pemahaman lebih mendalam dapat dilihat pada tautan berikut: Wikipedia - Top level domain.

Subdomain dari Top Level Domain

Subdomain adalah suatu domain yang merupakan dari domain yang lebih luas dari suatu hirarki Sistem Nama Domain dilingkungan internet. Contohnya: videowan.kepowan.ga.

Untuk pemahaman lebih mendalam dapat dilihat pada tautan berikut: Wikipedia - Subdomain.

Direktori dari Top Level Domain

Direktori adalah suatu lokasi pada Top Level Domain yang berfungsi untuk menyimpan berbagai berkas penunjang operasional. Dalam beberapa kesempatan, direktori juga dapat berfungsi sebagai sebuah situs web/blog yang aktif, contoh: emphaino.bl.ee/blog.

Untuk pemahaman lebih mendalam dapat dilihat pada tautan berikut: Wikipedia - Directory (computing).

Ekspansi Top Level Domain

Adalah suatu kemungkinan bila pengelola situs web ingin memperluas pembahasan terhadap satu atau lebih tema. Contoh langsungnya adalah videowan.kepowan.ga yang merupakan bagian dari kepowan.ga yang menampilkan konten video. Mengapa memilih videowan.kepowan.ga bukan kepowan.ga/video? Penyebab utamanya adalah saya tidak menggunakan hosting sendiri untuk Top Level Domain yang saya miliki dimana kepowan.ga dihosting di Blogger. Dan untuk membuat subdomain videowan.kepowan.ga, saya masih memanfaatkan Blogger untuk menghostingnya dan membuat Host Record yang baru.

Lain hal jika saya menghosting sendiri Top Level Domain yang saya miliki, mungkin saya akan memilih menggunakan direktori sehingga bukan videowan.kepowan.ga tapi kepowan.ga/video.

Perdebatan Subdomain atau Direktori

Sebagai upaya mencapai hasil terbaik dari pengoptimalan situs web terhadap mesin telusur (baca: Google), banyak pengelola situs web yang sedikit kebingungan dalam mengekspansi Top Level Domain miliknya. Pilihannya adalah subdomain atau direktori (ada juga yang menyebut subdirektori). Dalam postingnya yang berjudul Subdomains and subdirectories, Matt Cutts menjabarkan bahwa subdomain dapat dimanfaatkan untuk memublikasikan konten yang istimewa dan bagi pengelola situs web tingkat pemula sebaiknya menggunakan subdirektori sebagai langkah awal mengekspansi Top Level Domain.

Lain halnya dengan moz.com, yang melalui Rand Fishkin jelas-jelas menyarankan menggunakan subdirektori sebagai tempat untuk memublikasikan konten yang istimewa berdasarkan pengalaman yang ia telah lalui (lihat: It's 2014, what's the latest thinking on sub-domains vs. sub-directories?)

= * = * =

Memilih subdomain atau subdirektori untuk pengekspansian Top Level Domain memang sesuai selera. Sebagai acuan, mungkin bisa mempelajari bagaimana Google memperkenalkan berbagai produknya pada tautan berikut: Google - Product.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..