Senin, 29 September 2014

Menampilkan Laman Penelusuran Google AdSense Custom Search Pada Blog

Bagi publisher AdSense atau pengguna layanan Google pada umumnya terutama mereka yang mengelola situs web/blog atau webmaster telah diberikan kesempatan untuk memanfaatkan layanan Google Custom Search. Dengan menggunakan Google Custom Search maka webmaster dapat membatasi hasil penelusuran pengunjung pada situs web/blog yang mereka inginkan atau yang tergabung pada jaringan mereka. Hasil penulusuran dapat ditampilkan pada laman Google atau laman mandiri yang sengaja dibuat untuk menampilkan hasil penelusuran.

Kepowan-TampilanLamanHasilPenelusuran.png | Bagi publisher AdSense atau pengguna layanan Google pada umumnya terutama mereka yang mengelola situs web/blog atau webmaster telah diberikan kesempatan untuk memanfaatkan layanan Google Custom Search. Dengan menggunakan Google Custom Search maka webmaster dapat membatasi hasil penelusuran pengunjung pada situs web/blog yang mereka inginkan atau yang tergabung pada jaringan mereka. Hasil penulusuran dapat ditampilkan pada laman Google atau laman mandiri yang sengaja dibuat untuk menampilkan hasil penelusuran.
Contoh Tampilan Laman Penelusuran Google AdSense Custom Search Pada Blog

Bagi publisher AdSense, untuk membuat Google Custom Search atau kotak telusur maka perlu mengakses menu Iklan saya > Penelusuran > Mesin penelusuran khusus, kemudian mengeklik Mesin penelusuran khusus baru. Berilah nama terhadap mesin penelusuran tersebut. Tentukanlah situs web/blog yang akan ditelusuri. Kemudian lanjutkan dengan mengisi sisanya dengan informasi yang diinginkan.

Pada bagian "Hasil penelusuran", pilih Tampilkan hasil: di situs web menggunakan iframe. Akseslah situs web/blog Anda untuk membuat laman khusus yang sengaja dibuat untuk menampilkan hasil penelusuran. Bila situs web/blog dihosting di Blogger maka manfaatkanlah fitur Laman. Beri judul Laman tersebut sesuai dengan keinginan dan dapatkanlah URL-nya untuk ditempatkan pada kotak "URL yang akan menampilkan hasil penelusuran:". Untuk menentukan Lebar area hasil, tentukan sesuai keinginan atau biarkan saja. Langkah selanjutnya adalah dengan mengeklik Simpan dan dapatkan kodenya.

Dari dua kode yang diberikan maka kode pertama dipasang pada area situs web/blog yang Anda inginkan baik itu dibagian Header, Sidebar, Footer atau lainnya. Sedangkan kode yang kedua harus dipasang pada Laman yang telah dibuat khusus untuk menampilkan hasil penelusuran. Bila tampilan hasil penelusuran terlalu lebar maka (mungkin) bisa diatasi dengan merubah CSS.

Kode CSS yang dipasang untuk mengatasi lebar tampilan hasil penelusuran:
<style type="text/css">
#cse-search-results iframe {width: 100%;}
</style>

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

1 komentar:

  1. Kalo bukan user Google AdSense masih bisa nampilin hasil carinya, ya?

    BalasHapus

 
..:: Top Entri Mingguan ::..