Minggu, 28 September 2014

Cara Mengeklaim Feed Situs Web/Blog

Feed situs web/blog atau dalam bahasa Indonesia disebut umpan situs web/blog adalah representasi dari situs web/blog yang dapat ditampilkan di situs web/blog atau perangkat lunak pembaca umpan melalui mekanisme sindikasi yang memudahkan pengunjung setia situs web/blog untuk mengetahui hal yang baru. Secara otomatis, mungkin layanan hosting dari situs web/blog secara otomatis dapat menampilkan Feed dari situs web/blog yang Anda kelola jika tidak maka Anda perlu untuk melakukan klaim terhadap Feed tersebut.

Banyak layanan berbasis jaringan yang menyedikan jasa pengeklaiman terhadap Feed dimana salah satunya adalah Feedburner. Untuk mengaksesnya Anda memerlukan akun Google, jika sudah memiliki akun Google maka Anda bisa memulai proses klaim dengan cara menyertakan URL pada kotak "Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:", kemudian klik tombol Next. Tujukan salah satu dari sumber umpan yang berhasil dideteksi oleh Feedburner, apakah Atom atau RSS, kemudian klik tombol Next. Lanjutkan dengan memberi judul dan URL pada umpan, kemudian klik tombol Next. Jika berhasil maka lanjutkan dengan mengeklik "Skip directly to feed management". Jika proses pengeklaiman Feed telah berhasil maka Anda dapat melakukan analisis, mengoptimisasi dan mempublikasikan Feed tersebut dengan mudah.

Animasi Tajukutama

KepowanFeed

KepowanFeed

Analisis Feed
Analisis Feed meliputi jumlah pelanggan, item pengaplikasian, demografis dan pengaplikasian yang tidak umum.

Optimisasi Feed
Optimisasi Feed meliputi pengaktifan fitur BrowserFriendly, SmartCast, SmartFeed, FeedFlare, Link Splicer, Photo Splicer, Geotag Your Feed, Feed Image Burner, Title/Description Burner, Convert Format Burner dan Summary Burner.

Publikasi Feed
Publikasi Feed meliputi pengaktifan fitur Headline Animator, BuzzBoost, Email Subscriptions, PingShot, FeedCount, Socialize, Chicklet Chooser, Creative Commons, Password Protector dan NoIndex.

Setelan Pengubahan URL Feed
Secara otomatis, Blogger telah menetapkan URL Feed. Contoh:
  • Atom: http://www.kepowan.ga/feeds/posts/default
  • RSS: http://www.kepowan.ga/feeds/posts/default?alt=rss
Jika Anda telah mengeklaim Feed melalui Feedburner maka Anda dapat merubahnya dengan mengakses setelan blog pada bagian lainnya pada submenu "Posting URL Pengubahan Arah Feed". Pasanglah URL Feed Anda yang baru didalamnya dan klik Simpan Setelan.

1 komentar:

  1. Pake feedburner ternyata bisa bikin widget headline yang keren, ya.. asik banget!!!

    BalasHapus

 
..:: Top Entri Mingguan ::..