Selasa, 30 September 2014

Solusi Berbagi Konten Secara Otomatis Dari Blogger-Blogspot ke Facebook dan Twitter

Perkembangan teknologi Internet pada masa kini telah memudahkan banyak orang untuk berbagi berbagai hal dalam hidupnya termasuk juga dalam hal pembagian konten situs web/blog. Pengelola situs web/blog, atau secara sederhana disebut webmaster, yang mengaplikasi platform Blogger untuk membangun/membuat situs web/blog-nya hanya diberikan kesempatan untuk berbagi konten secara otomatis ke profil - baik profil personal (author) maupun profil laman (publisher) - Google Plus. Sedangkan untuk profil sosial media lainnya belum ditunjang oleh sistem blogging dari Blogger. Hal tersebutnya bisa diatasi dengan banyaknya aplikasi yang dapat menunjang pembagian konten secara otomatis.

Kepowan-SolusiBerbagiKontenSecaraOtomatisDariBloggerBlogspotkeFacebookdanTwitter.png | Ada satu layanan berbasis situs web yang dapat aplikasikan untuk memudahkan berbagi konten secara otomatis ke profil Facebook baik personal maupun lamannya yaitu IFTTT. IFTTT, kependekan dari If This Than That, adalah aplikasi berbagi konten secara otomatis berbasis situs web yang disediakan secara gratis. If This Than That, merupakan resep berbagi secara sederhana dimana If This adalah tempat konten yang akan dibagi sedangkan Than That adalah tempat tujuan konten dibagikan. Contoh: If Blogger Than Facebook, maka konten yang ada di Blogger akan dibagikan secara otomatis dibagikan ke Facebook. Semudah itu!
Resep berbagi Kepowan pada Laman Facebook dan Twitter di IFTTT

FeedBurner, layanan gratis dari Google untuk sindikasi umpan situs web/blog, memiliki fitur Socialize untuk mendukung penyebaran konten secara otomatis namun hanya terbatas pada Twitter dimana setiap konten terbaru dipublikasi maka pengikut (follower) profil Twitter Anda akan diberitahu dan URL tautan posting akan dipendekkan.

Blogger hanya bisa berbagi ke Google Plus, FeedBurner ke Twitter. Lalu bagaimana dengan profil Facebook baik personal maupun lamannya?

Ada satu layanan berbasis situs web yang dapat aplikasikan untuk memudahkan berbagi konten secara otomatis ke profil Facebook baik personal maupun lamannya yaitu IFTTT. IFTTT, kependekan dari If This Than That, adalah aplikasi berbagi konten secara otomatis berbasis situs web yang disediakan secara gratis. If This Than That, merupakan resep berbagi secara sederhana dimana If This adalah tempat konten yang akan dibagi sedangkan Than That adalah tempat tujuan konten dibagikan. Contoh: If Blogger Than Facebook, maka konten yang ada di Blogger akan dibagikan secara otomatis dibagikan ke Facebook. Semudah itu!

Setidaknya ada 132 kanal tempat asal dan atau tujuan yang dapat dipilih untuk menjadi resep berbagi konten secara otomatis. Meski masih minus Google Plus namun paling tidak, IFTTT telah memberikan banyak pilihan. Selain itu, pengguna IFTTT dapat saling bertukar resep berbagi yang dibuat masing-masing.

Ada tujuh langkap untuk membuat resep berbagi yang terdiri dari:
  1. Menentukan kanal pemicu, misalnya Blogger.
  2. Menentukan apa yang akan dibagi dari kanal pemicu, saran: Any new post (setiap ada posting terbaru yang dipublikasikan).
  3. Menyelesaikan penetapan setelan kanal pemicu.
  4. Menentukan kanal tujuan, misalnya Facebook Pages.
  5. Menentukan aksi berbagi, saran: Create a link post (Membuat tautan ke posting).
  6. Menentukan kanal tujuan, misalnya Facebook Pages.
  7. Menentukan setelan kanal tujuan, saran: pada bagian Link URL tidak usah dirubah, pada bagian Message sebaiknya menggunakan hashtag (#) dan judul posting. Beri judul resep berbagi dan klik tombol Create Recipe.
Selamat mencoba dan berbagi!

1 komentar:

  1. Berbagi memang perlu ya.. biar banyak orang terutama temen kita tau kalo ada update posting :)

    BalasHapus

 
..:: Top Entri Mingguan ::..