Jumat, 24 Oktober 2014

Ihwal Gadget Blogger

Gadget atau Widget pada Blogger tidak hanya sebagai penghias suatu blog namun juga memberikan informasi yang memadai yang meliputi berbagai hal yang ingin ditampilkan oleh pengelola blog. Secara teknis Gadget pada Blogger adalah suatu berkas aplikasi HTML dan JavaScript sederhana yang dapat ditampilkan pada laman situs web/blog. Memilih gadget bagi blog, dapat diumpamakan seperti memilih suplemen makanan kesehatan yang tepat dimana ia dapat memberikan nuansa tersendiri baik bagi pengelola maupun pengunjung blog. Namun usaha untuk tidak terlalu banyak meletakkan gadget pada blog agar supaya tidak mempengaruhi pemuatan blog oleh mesin browser pengunjung. Pastikanlah bahwa gadget yang ditampilkan tidak hanya sebagai penghias blog namun juga memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Kepowan-gadget_icon | Gadget atau Widget pada Blogger tidak hanya sebagai penghias suatu blog namun juga memberikan informasi yang memadai yang meliputi berbagai hal yang ingin ditampilkan oleh pengelola blog. Secara teknis Gadget pada Blogger adalah suatu berkas aplikasi HTML dan JavaScript sederhana yang dapat ditampilkan pada laman situs web-blog. www.kepowan.ga
Gadget Blogger
Sumber gambar developers.google.com

Semenjak Blogger terintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Google Plus maka pengelola blog dapat menampilkan gadget Tombol +1 yang memudahkan pengunjung untuk merekomendasikan konten yang mereka sukai. Ada pula gadget Pengikut Google Plus yang berfungsi tidak saja menampilkan para pengikut blog namun juga mengajak agar pengunjung lainnya untuk bergabung. Yang terakhir dan tak kalah penting adalah gadget Lencana Google Plus yang memberitahukan kepada pengunjung bahwa blog Anda terdapat di Google Plus dan menunggu Anda untuk bergabung. Gadget Blogger lainnya yang berhubungan dengan daya hitung adalah gadget Statistik blog dan gadget Polling. Dua gadget tersebut berfungsi menampilkan statistik dengan gaya yang menarik.

Untuk memudahkan pengguna Blogger mengganti kepala halaman pada blog maka disediakan gadget Header Halaman dimana para pengguna dapat memodifikasi tampilan header halamannya dengan mudah dan nyaman sehingga dapat menampilkan ciri khas tersendiri dari blog tersebut. Bila pengelola blog ingin menampilkan informasi dari situs web/blog yang lain atau yang berafiliasi dengannya maka dengan mudah dapat ditampilkan melalui gadget Newsreel, Feed atau Daftar Blog serta Daftar Link.

Bagaimana jika pengelola blog ingin menampilkan gadget yang berbeda atau belum disediakan oleh Blogger? Tenang saja, karena tersedia gadget HTML dimana gadget tersebut berfungsi untuk menampilkan gadget khusus yang pada umumnya merupakan rangkaian javascript khusus yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan tampilan yang unik dan menarik.

Keberadaan gadget pada blog akan membuat blog tersebut memiliki tampilan yang berbeda namun perlu diingat bahwa semakin banyak gadget yang terpasang akan sangat memengaruhi waktu muat blog secara keseluruhan oleh mesin browser.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..