Rabu, 29 Oktober 2014

Cari Backlink Ke Web 2.0? Web 2.0 Itu Apa?

Pada forum-forum webmaster (sebutan yang pada umumnya ditujukan pada pengelola situs web/blog) sering terdapat saran untuk membangun backlink dengan situs-situs Web 2.0. Namun, tidak ditemukan penjelasan yang mantap mengenai apa itu situs Web 2.0. Mereka hanya menyodorkan beberapa situs-situs bookmark, situs-situs media sosial dan beberapa blog yang sudah mapan (baca: memiliki PageRank yang tinggi). Lantas apakah Web 2.0 itu? Haruskah membangun backlink dengan situs-situs Web 2.0 tersebut?

Tim O'Reilly dari O'Reilly Media mengangkat tema Web 2.0 pada Konferensi Web 2.0 pada tahun 2004 sebagai tindak lanjut dari pembahasan yang sama oleh Darcy DiNucci di tahun 1999. Namun banyak menilai bahwa situs Web 2.0 tidak menghadirkan sesuatu yang baru dimana ia akan merubah dunia internet secara menyeluruh dibanding seperti yang dilakukan oleh Sir Tim Berners-Lee sang pengagas World Wide Web atau Web 1.0.

Kepowan-ApaWeb2Itu.png

Web 1.0

Ciri-ciri Web 1.0 atau generasi situs web perdana adalah
  • Menggunakan laman static.
  • Sistem berkas mengontrol pengaksesan konten.
  • Struktur HTML yang sederhana dengan mengandalkan table untuk sebagai kerangka struktur laman.
  • Memasang <blink> dan <marquee>  sebagai aksesori laman.
  • Memasang buku tamu.
  • Mengandalkan gambar dengan ukuran 88x31 sebagai media promosi.

Web 2.0

Ciri-ciri Web 2.0 adalah:
  • Membangun kerjasama antar pengguna dalam membuat konten.
  • Kaya akan fitur-fitur dan desain laman yang menarik.
  • Menggunakan laman dinamis yang terorganisir dengan baik.
  • Membangun komunikasi antara pengelola dan pengunjung lewat sistem komentar yang lebih baik.
Kehadiran Web 2.0 saat diperkenalkan kepada kalangan luas adalah untuk membangun keterbukaan, kebebasan dan integrasi pengetahuan. Hal inilah yang memacu pertumbuhan dan perkembangan media sosial, blog, podcast, situs bookmark, wiki dan berbagai jenis situs yang membangun komunikasi baik antara pengelola dan pengguna atau antar sesama pengguna. Sisi negatif dari kehadiran Web 2.0 ini adalah seringnya muncul ketegangan antar sesama pengguna dalam membahas suatu topik yang sedang hangat dimana media sosial yang seharusnya dapat membangun kebersamaan namun , misalnya, karena pandangan politik yang berbeda membuat mereka saling mengejek.

Antara Web 1.0 dan Web 2.0 mungkin ada terdapat perbedaan yang mencolok namun dalam hal membangun backlink sebaik tidak usah terlalu memilih selama backlink tersebut dibangun dengan kewaspadaan agar tujuan optimasi tercapai dengan baik dan benar baik dilakukan secara mandiri atau melalui jasa optimasi situs yang belakangan ini berkembang pesat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..