Selasa, 28 Oktober 2014

Perebutan Juara Pengindeksan Situs: Google Sukses Menghajar Bing

Google dan Bing, dua raksasa dalam bidang pengoptimasian situs web/blog. Semua webmaster (sebutan umum bagi pengelola situs web/blog) pasti tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan pencatuman situs web/blog-nya baik ke Google melalui Google Alat Webmaster maupun ke Bing melalui Bing Webmaster Tools. Tidak saja mudah dalam usaha mencantumkan situs web/blog tetapi layanan tersebut juga disediakan secara gratis. Dalam hal persaingan mesin penelusuran, memang saat ini masih banyak orang yang memanfaatkan Google untuk melakukan pencarian semua berkas di internet dibandingkan dengan Bing. Apalagi dengan hadirnya sistem operasi Android yang ditanam pada perangkat bergerak (mobile gadget) maka semakin berkuasalah Google.

Tanggal 27 Oktober 2014 lalu, saya baru saja menyelesaikan proyek membuat situs web tutorial. Mengikuti jejak para webmaster lainnya maka saya melampirkan situs web tersebut ke Google Alat Webmaster, Bing Webmaster Tool dan Yandex Webmaster. Untuk yang terakhir, saya tidak terlalu peduli karena tujuannya hanya untuk keperluan optimasi saja. Sedangkan untuk Google dan Bing, saya berharap banyak akan datangnya pengunjung dari mesin penelusuran mereka. Namun kepuasan belum berhasil saya miliki karena ada perbandingan yang sangat besar antara keduanya.

Kepowan-HasilPengindeksanGoogleDanBingPadaBloggerspots.png
Perbandingan Pengindeksan Google dan Bing
Klik untuk memperbesar gambar

Pengindeksan Google

Meski sampai artikel ini dibuat Google masih menunda pemrosesan sitemap yang telah saya lampirkan tetapi jika mencari situs web saya melalui mesin penelusuran maka yang saya dapatkan Google mampu menampilkan apa yang saya harapkan. Semua URL yang saya lampirkan dalam sitemap bisa ditampilkan pada laman hasil penelusuran.

Pengindeksan Bing

Berbeda dengan Bing yang hanya mampu menampilkan laman utama saja padahal sitemap yang telah saya lampirkan telah berhasil mereka deteksi. Meski kecewa tapi ternyata bukan hanya saya sendiri yang mendapatkan kenyataan tersebut. Banyak webmaster yang mengeluhkan mengenai lambannya Bing dalam hal pengindeksan situs web/blog dibandingkan dengan Google. Meski Bing cukup popular namun banyak yang menilai hal tersebut belum menjadi motivasi untuk memperbaiki algoritma penelusuran.

Kesimpulan sementara yang bisa ditentukan adalah dalam hal pengindeksan situs web/blog, pemenangnya adalah Google.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..