Kamis, 30 Oktober 2014

Bilah Hak Cipta Dinamis

Salah satu cara untuk melindungi karya intelektual adalah dengan menampilkan pemberitahuan Hak Cipta yang ditujukan pada si pembuat.

Definisi Hak Cipta (sumber dgip.go.id/hak-cipta) :

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam hal blogging, maka pengelola blog dapat menampilkan bilah Hak Cipta (atau apa pun bentuknya) untuk melindungi karya tulisannya yang pada umumnya berbentuk seperti di bawah ini.

Kepowan-ContohHakCipta.png
Contoh Tampilan Bilah Hak Cipta di dgip.go.id

Bila Anda ingin membuat bilah Hak Cipta dengan mudah maka Anda bisa mengakses CopyRightBar.com dimana Anda dapat membuat bilah Hak Cipta yang menarik, terintegrasi dengan layanan perlindungan Hak Cipta dari DMCA.com baik lencana maupun sertifikasi, tahun Hak Cipta yang dinamis dan lainnnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi kolom Merk Dagang (Company Name), URL situs web/blog, tahun awal Hak Cipta, pilihan Lencana Hak Cipta dari DMCA.com dan hal lain yang berhubungan dengan tampilan bilah Hak Cipta. Setelah semuanya telah disetel sesuai dengan keinginan Anda maka selanjutnya adalah menyalin dan memasang pengkodean yang Anda dapatkan ke situs web/blog yang dimaksud.

Kepowan-RuangKreasiHakCipta.png
Ruang Kreasi Hak Cipta di CopyRightBar.com

Dengan memasang bilah Hak Cipta tersebut diharapkan bahwa setiap pengunjung situs web/blog yang dikelola memiliki Hak CIpta yang dilindungi terhadap segala macam tindakan yang merugikan si pencipta dalam hal ini, konten situs web/blog.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..