Selasa, 17 Maret 2015

Tips Agar Pengunjung Mudah Mencari Konten: Peta Situs Atau Arsip Blog?

Mungkin tidak semua pengunjung yang datang akan sudi melihat keseluruhan isi konten blog yang dikunjunginya namun untuk 'melayani' pengunjung yang berkenan menelusuri konten blog tentunya tidak bisa dihiraukan. Berbagai cara dilakukan oleh pengelola blog agar mudah melihat konten blog, baik dengan widget post terkait, widget entri populer dan lainnya dengan tampilan yang memikat namun ada juga yang sederhana.

Kepowan-TipsAgarPengunjungMudahMencariKontenPetaSitusAtauArsipBlog.png

Pada umumnya, berkas peta situs disediakan untuk memudahkan robot mesin telusur untuk mengindeks blog dan memiliki ekstensi XML. Namun ada juga pegelola blog yang menyediakan laman khusus untuk dapat menampilkan daftar konten blog, contohnya dapat dilihat pada tautan berikut: Peta Situs - Sitemap | Kepowan. Selain itu, banyak juga pengelola blog yang tidak menyediakan peta situs namun hanya memasang widget Arsip Blog yang bisa langsung dilihat dan diakses. Widget Arsip Blog merupakan widget yang secara otomatis menampilkan indeks konten blog secara otomatis.

Menampilkan peta situs pada laman khusus memang terlihat lebih baik dan lebih menarik baik dari segi tampilan maupun fungsionalitasnya namun ada juga kekurangannya dimana pada umumnya akan menambah waktu pemuatan blog oleh browser karena pengaplikasian javascript. Selain itu, javascript tersebut sering disusupi oleh rancangan yang dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan backlink kepada tautan tertentu tanpa disadari oleh pengelola blog. Jika hal itu sebagai atribusi atas kerja keras sipembuat widget mungkin dapat dimaklumi.

Baik widget peta situs maupun widget arsip blog mempunyai tujuan yang sama yaitu menampilkan konten blog baik yang terlama maupun yang terbaru. Yang perlu diperhatikan adalah untuk menampilkan peta situs akan menambah waktu pemuatan blog oleh browser dan adanya kemungkinan penyusupan tautan tertentu.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..