Minggu, 01 Maret 2015

7 Kunci Sukses Kebergunaan Seluler Situs Web/Blog

Kebergunaan seluler merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengalaman unik yang menyenangkan bagi pengunjung situs web/blog. Pengunjung bisa mengunjungi situs web/blog melalui berbagai perangkat dengan berbagai ukuran layar tampil, oleh karena itu pengelola situs web/blog harus mampu memberikan informasi penting yang dapat ditampilkan dan disajikan kepada para pengunjung situs web/blog.

Kepowan-HasilPengujianSitusMobileFriendlyOlehGoogle.png
Hasil Pengujian Situs Mobile Friendly

Sebagai langkah pertama ujilah kebergunaan situs web/blog pada alat penguji seperti Mobile-Friendly Test dari Google juga melalui PageSpeed Insights atau Responsif Template Theme Tester. Setelah mengetahui hasilnya, maka kemudian dapat diambil langkah-langkah perbaikan (jika ada) dan peningkatan agar dapat meningkatkan kebergunaan seluler.

Adapun 7 Kunci Sukses Kebergunaan Seluler Situs Web/Blog, adalah:
  1. Meningkatkan akses berkas javascript, CSS dan gambar.
  2. Meningkatkan akses berkas video sehingga dapat diputar tanpa harus mengunjungi versi dekstop.
  3. Meningkatkan akses melalui berbagai perangkat mobile dengan latar belakang sistem operasi (seperti Android, iPhone atau Windows) yang benar.
  4. Melakukan pengalihan tautan yang benar dimana pengunjung tidak akan disajikan laman situs web/blog yang diharapkannya.
  5. Menggunakan banner untuk mempromosikan pengunduhan aplikasi pengaksesan situs web/blog agar dapat diakses melalui perangkat mobile.
  6. Lakukan pengecekan untuk memastikan tautan menunjuk ke halaman setara yang benar.
  7. Meningkatkan waktu pemuatan situs web/blog sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cepat.

Apabila ketujuh hal diatas kurang memenuhi keingitahuan mengenai kunci sukses kebergunaan seluler situs web/blog, pada tanggal 12 Maret 2015, Google Webmaster akan memberikan petunjuk yang akan disiarkan melalui kanalnya di YouTube yang meliputi empat hal, yaitu:
  1. Pengenalan alat: PageSpeed Insights, Mobile-Friendly Test dan Mobile-Usability pada tautan berikut http://goo.gl/qpDvR7.

  2. Pengaplikasian: Viewports, zoom dan plugins pada tautan berikut http://goo.gl/dWHqQq.

  3. Fokus pengunjung: target ketuk, margin dan ukuran huruf pada tautan berikut http://goo.gl/tQYS7w.

  4. Ketepatan pengaplikasian pengalihan dan canonical pada tautan berikut http://goo.gl/6y7Twi.


Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..