Jumat, 27 Februari 2015

Penampakan This Connection is Untrusted Pada Dasbor Blog (Custom Domain) di Blogger

Sebagai salah satu browser favorit di dunia, Mozilla Firefox - singkatnya Firefox - telah mengiringi langkah saya dalam aktivitas membuat blog dan tentu saja berselancar di internet.Versi Firefox yang saya gunakan adalah versi terakhirnya yaitu Firefox 36.0 dan ternyata ada yang aneh dimana saya tidak dapat melihat tinjauan tampilan blog saat mengakses dasbor blog pada bagian Template, ada penampakan This Connection is Untrusted Pada Dasbor Blog di Blogger. Dan ternyata, bukan hanya saya saja yang mendapati hal tersebut. Pada Blogger Help Forum, seseorang dengan sebutan pkosednar telah mencoba untuk membahas hal ini namun kelihatannya belum ada jawaban yang memuaskan.

Kepowan-ThisConnectionisUntrusted.png
Penampakan This Connection is Untrusted Pada Dasbor Blog di Blogger

Membersihkan Cookies Dan Cache

Untuk mengatasi hal tersebut, yang saya lakukan adalah dengan membersihkan Cookies dan Cache namun ternyata bukan solusi yang tepat dimana penampakan This Connection is Untrusted masih terlihat pada dasbor blog di Blogger.

Sekedar berbagi, inilah yang saya lakukan untuk membersihkan Cookies dan Cache pada Firefox :
  • Pada bilah menu pilih Tools > Options.
  • Pada bilah Privacy pilih klik clear your recent history.
  • Pada bagian Time range to clear pilih Everything.
  • Pada bagian Details pilih selain Active Logins dicentang karena sasaran utamanya adalah membersihkan Cookies dan Cache.
  • Klik tombol Clear Now dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.
  • Klik tombol OK.

Investigasi

Setelah saya menginvestigasi lebih lanjut, ternyata memang ada masalah pada sertifikat keamanan yang menuju blog saya di Blogger. Berikut keterangan yang saya dapatkan :

1565687202079176834_815f045395489e99d8973811b691865ce469af29.blogspot.com uses an invalid security certificate.

The certificate is only valid for the following names:
*.googleusercontent. com, *.blogspot. com, *.bp.blogspot. com, *. commondatastorage.googleapis. com, *.doubleclickusercontent. com, *.ggpht. com, *.googledrive. com, *.googlesyndication. com, *.safenup.googleusercontent. com, *.sandbox.googleusercontent. com, *.storage.googleapis. com, blogspot. com, bp.blogspot. com, commondatastorage.googleapis. com, doubleclickusercontent. com, ggpht. com, googledrive. com, googleusercontent. com, static.panoramio. com.storage.googleapis. com, storage.googleapis. com

(Error code: ssl_error_bad_cert_domain)

Kemungkinan besar keterangan This Connection is Untrusted hanya didapati jika memakai custom domain. Dugaan ini saya ajukan karena ketika mengakses blog lain dengan domain blogspot.com tidak ada penampakan This Connection is Untrusted.

Jadi sekarang yang bisa saya lakukan hanya menunggu dan berharap ada perbaikan sistem oleh Blogger terutama pada SSL Client Certificate.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..