Sabtu, 21 Februari 2015

Bisakah Memindahkan Kodeskrip CSS Blog Di Blogger Ke Google Drive?

Kepowan-PostingKe100.png
Untung saja Blogger mengizinkan untuk membuat lebih dari satu blog kepada semua pengguna layanannya. Dengan begitu, pengguna tersebut termasuk saya bisa melakukan berbagai eksperimen yang berkaitan dengan aktivitas blog di Blogger. Salah satunya adalah memindahkan kodeskrip CSS blog Di Blogger ke Google Drive.

Kepowan-BisakahMemindahkanKodeskripCSSBlogDiBloggerKeGoogleDrive.png
Memindahkan Kodeskrip CSS Blog Di Blogger Ke Google Drive

Langkah untuk memindahkan kodeskrip CSS blog di Blogger, adalah:
  • Mencadangkan keseluruhan template blog.
  • Mengakses blog lewat browser Firefox versi 35.0.1.
  • Mengakses sumber kode blog yang terbaca oleh browser Firefox versi 35.0.1.
  • Memindahkan rangkaian kode CSS blog ke Notepad++ karena dengannya dapat menyimpan berkas dengan ekstensi CSS. Rangkaian kode CSS blog pada umumnya dimulai dari <style id='page-skin-1' type='text/css'><!-- sampai dengan --></style>
  • Menghapus seluruh rangkaian kode CSS blog mulai dari <b:skin><![CDATA[ hingga ke }]]></b:skin>.
  • Setelah berkas CSS sudah selesai dipindah seluruhnya, saatnya memindahkan ke Google Drive.
  • Pastikan setelah pembagian berkas tersebut dapat diakses oleh publik, kemudian salin URL yang ada, contoh: https://drive.google.com/file/d/kode-berbagi-berkas/view?usp=sharing.
  • URL pembagian tersebut perlu diubah agar dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja yang mana format URL-nya menjadi https://googledrive.com/host/kode-berbagi-berkas.
  • Kemudian bungkus URL tersebut sedemikian rupa sehingga terlihat seperti contoh: <link type='text/css' rel='stylesheet' href='https://googledrive.com/host/kode-berbagi-berkas' />, lalu pindahkan ke template blog kemudian klik tombol Simpan template lalu klik tombol Lihat blog untuk mengetahui hasilnya.

Meski cukup puas dengan hasil yang didapat dari Firefox versi 35.0.1, saya lantas mencoba mengakses juga dengan browser Google Chrome Versi 40.0.2214.115 m, IE8, Opera Versi 12.17 dan Safari 5.1.2. dimana hasil yang sama juga berhasil saya dapatkan. Lalu bagaimana jika diakses melalui perangkat mobile? Dengan bantuan Pengujian Situs Mobile-Friendly dari Google, saya mengetahui bahwa blog tersebut bisa membuat penguji terkagum alias mobile-friendly.

Kepowan-PengujianMobileFriendly.png
Pengujian Situs Mobile-Friendly dari Google

Bagi yang ingin mengikuti jejak saya, silakan terapkan dan semoga berhasil

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..