Senin, 16 Februari 2015

Perbedaan Desain Situs Web/Blog Responsive Dengan Mobile-Friendly

Mengingat makin meningkatnya penggunaan perangkat mobile, banyak webmaster yang berusaha agar situs web/blognya tidak hanya dapat diakses melalui perangkat mobile tetapi juga dapat memberikan tampilan yang tersesuai atau disebut juga dengan Mobile-Friendly (lihat Faktor Ranking SEO 2015: Kebergunaan Seluler). Untuk mencari template (khusus webmaster yang membuat situs web/blog di Blogger) sangat mudah karena para desainer sudah dapat memenuhi kebutuhan akan template yang Responsive juga Mobile-Friendly. Pada tautan berikut mungkin akan memberikan kemudahan bagi Anda yang sedang memilih template yang Responsive juga Mobile-Friendly: Top 3 Blogger Template Gratis Yang Responsive, AdSense dan SEO Ready Dari Mas Sugeng.

Lantas apa yang membedakan antara desain responsive dengan mobile-friendly?

Kepowan-Template-Tampilan-Desktop
Tampilan Desktop

Desain Responsive

Desain Responsive dapat didefinisikan sebagai upaya webmaster membuat situs web/blog-nya dapat diakses dan dilihat pada beragam ukuran browser. Hal tersebut sudah dirintis oleh Cameron Adams pada tahun 2004. Sebagai contoh sederhana, silakan rubah ukuran browser yang Anda gunakan dimana Anda akan mendapatkan tampilan blog ini akan mengikuti ukuran browser Anda, baik diperkecil maupun diperbesar. Untuk menguji tingkat responsive suatu situs web/blog, Anda tidak perlu memanfaatkan berbagai layanan tampilan responsivitas namun jika Anda membutuhkannya, Anda bisa mengakses tautan berikut: Responsif Template Theme Tester.

Desain Mobile-Friendly

Bagaimana dengan mobile-friendly? Tidak jauh berbeda dengan desain responsive, desain mobile-friendly juga menuntut tampilan yang dapat disesuaikan dengan perangkat mobile. Selain itu kecepatan muat (loading), konten yang terlihat dengan jelas dimana tulisan mudah terlihat, tampilan gambar yang tajam dan tidak membiarkan pengunjung terlalu sering menggulung layar juga menjadi faktor penentu keberhasilan desain mobile-friendly.

Jika Anda memanfaatkan Google Alat Webmaster maka Anda akan mendapati fitur terbaru yang dapat mengetahui keberhasilan desain mobile-friendly dari situs web/blog yang Anda kelola yaitu fitur Kebergunaan Seluler. Selain itu, Anda juga dapat mengujinya pada Pengujian Situs Mobile-Friendly dari Google Developer juga pada W3C mobileOK Checker.

Parameter URL ?m=1

Bila Anda membuat situs web/blog di Blogger maka secara otomatis Blogger akan melakukan pengalihan URL agar situs web/blog tersebut dapat diakses dengan perangkat mobile.

Contoh:

URL yang diakses : http://www.kepowan.ga/

URL yang dimuat/terlihat : http://www.kepowan.ga/?m=1

Terlihat perbedaan yang jelas, bukan? Dimana URL yang kedua terdapat imbuhan ?m=1 dibelakangnya.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan pemblokir terhadap parameter URL ?m=1 sebagaimana banyak dilakukan oleh webmaster lain yang membuat situs web/blog di Blogger dengan dalih menghindari dupiklat konten.

Untuk membuktikannya, silakan mengakses Pengujian Situs Mobile-Friendly dari Google Developer, kemudian masukkan URL tujuan, jika Anda memblokir parameter URL ?m=1 maka akan ada pemberitahuan bahwa GoogleBot tidak bisa mengakses serta tidak dapat mengetahui dengan jelas apakah situs web/blog Anda mobile-friendly. Atau silakan melihat gambar dibawah.

Kepowan-HasilPengujianSitusMobileFriendly.png
Hasil Pengujian Situs Mobile-Friendly

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Desain Situs Web/Blog Responsive Dengan Mobile-Friendly.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..
..:: Arsip Blog ::..