Sabtu, 01 November 2014

6 Langkah Menjadwal Pengiriman Email Lewat Gmail

Pernahkah Anda ingin mengirim email pada tanggal dan waktu tertentu? Misalnya, mengirim email ucapan selamat ulang tahun pada seorang teman tepat di hari ulang tahunnya atau sekedar ingin menjadwal jawaban email disesuaikan dengan waktu tujuan rekan bisnis Anda yang berbeda zona waktu? Bila Anda pengguna Gmail fitur untuk mengatur penjadwalan email mungkin tidak akan Anda temukan namun dengan sedikit upaya maka Anda dapat melakukannya. Adalah Google Sheets yang akan membantu Anda untuk mengatur penjadwal pengirim email sesuai waktu yang Anda tentukan sendiri dengan 6 langkah.

Kepowan-GmailNDrive.png

Adapun 6 langkah mengirim email terjadwal melalui Gmail adalah sebagai berikut:
  1. Akseslah tautan berikut Penjadwal Gmail (Gmail Scheduler) untuk menyalin ke ruang Google Drive Anda. Skrip yang Anda salin akan beroperasi pada ruang Google Drive Anda sendiri tanpa ada yang bisa mengaksesnya kecuali Anda sendiri.
  2. Aturlah waktu pengiriman email sesuai dengan yang Anda inginkan melalui menu File kemudian pilih Setelan Spreadsheet.
  3. Aturlah perijinan yang diperlukan di dalam sheet.
  4. Pilih Penjadwal Gmail (Gmail Scheduler ) kemudian pilih Ambil Pesan (Fetch Messages) untuk mengimpor seluruh draft pesan dari ruang Gmail ke Google Sheet.
  5. Setelah penjadwalan tanggal dan waktu untuk masing-masing pesan dengan format tanggal m/dd/yyyy dan h:mm:ss untuk format waktu.
  6. Pilih Penjadwal Gmail (Gmail Scheduler ) kemudian pilih Jadwal Pesan (Schedule Messages) dan aktifkan penjadwalan setelah itu tutup Google Sheet Anda yang nantinya akan bekerja secara otomatis mengirimkan pesan yang telah dijadwalkan untuk dikirim.
Satu hal yang perlu diingat adalah setelah penjadwal telah dilakukan maka draft pesan yang telah dibuat sebaiknya tidak diedit kembali karena akan menyebabkan draft pesan tersebut dihapus dalam daftar tunggu pada Google Sheet.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mengirimkan pesan melalui Gmail dengan penjadwalan!

0 komentar:

Posting Komentar