Rabu, 12 November 2014

7 Alasan Utama Memakai Proxy Server

Suatu proxy server adalah suatu komputer yang bertindak untuk menghubungkan satu komputer dengan lainnya dalam jaringan internet. Dengan server tersebut membuat komputer klien dapat berhubungan secara tidak langsung antara satu dengan lainnya dalam suatu layanan jaringan internet. Jika memanfaatkan proxy server maka komputer klien akan berhubungan dengan proxy server terlebih dahulu untuk dapat masuk dan mengakses misalnya laman situs, permainan, video, mp3, buku elektronik dan sumber daya lainnya yang tersedia diberbagai tempat pada internet. Jika sumber-sumber daya tersebut telah terekam sebelumnya, maka proxy server akan kembali ke menampilkan data tersebut pada komputer klien. Jika tidak terekam maka secara otomatis, proxy server akan mencari sumber data mewakili komputer klien. Setelah mendapatkannya maka proxy server akan menyimpan data tersebut untuk memudahkan permintaan komputer klien dimasa mendatang.

Berikut ini adalah 7 Alasan Utama Memakai Proxy Server yang dilakukan banyak orang, yaitu:

Kepowan-IlustrasiProxyServer.jpg
Ilustrasi Proxy Server

  1. Berbagi koneksi internet pada area jejaring lokal. Jika suatu usaha kecil/menengah atau keluarga hanya mampu menyediakan satu koneksi internet pada jejaring lokalnya maka dengan bantuan proxy server, internet dapat diakses dengan banyak komputer klien.
  2. Mempercepat koneksi internet. Jika menggunakan proxy server, semua permintaan dari komputer klien akan berhubungan dengan proxy server terlebih dahulu yang mungkin telah menyimpan berbagai data yang ingin diakses sehingga membuat pengaksesan terhadap data yang dibutuhkan akan lebih cepat didapat.
  3. Menyembunyikan alamat IP. Untuk alasan keamanan banyak orang lebih memilih untuk memanfaatkan proxy server agar dapat mengakses berbagai sumber data dari internet sehingga mengurangi risiko kebocoran data dan atau hal lain yang berkaitan dengan keamanan.
  4. Pengaplikasian akses kontrol internet. Dengan proxy server maka akan dapat membantu untuk proses pengautentifikasian koneksi internet, kontrol lebar pita, pengontrolan waktu dalam jaringan, pemilteran konten situs web dan lain-lain.
  5. Untuk mengakses keamanan yang terbatas dan tersaring. Sebagai contoh, pada umumnya perusahaan membatasi akses internet kepada banyak pegawainya maka dengan memanfaatkan proxy server hal ini dapat diatasi meskipun akan berisiko besar terhadap masalah keamanan data digital perusahaan secara umum.
  6. Untuk memindai pertukaran data, misalnya untuk perlindungan dari kebocoran informasi yang penting.
  7. Untuk menghindari pembatasan regional. Sebagai contoh, server menggunakan geolocation IP berbasis untuk membatasi layanan ke negara tertentu dapat diakses menggunakan proxy yang terletak di negara itu untuk mengakses layanan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..