Kamis, 15 Januari 2015

Faktor Ranking SEO 2015: Kebergunaan Seluler

Mungkin sudah banyak webmaster yang mengetahui bahwa ada satu sinyal perangkingan optimasi situs web/blog yang dipancarkan oleh Google sejak awal tahun 2015 adalah Kebergunaan Seluler. Jika webmaster menggunakan Google Alat Webmaster sebagai alat bantu mengoptimasi situs web/blog-nya maka mereka akan dapat mengetahui tingkat Kebergunaan Seluler dari situs web/blog yang dikelolanya, baik melalui dasbor di Google Alat Webmaster maupun pemberitahuan sural elektronik yang dikirim Google Webmaster Tools Team.

Apakah sinyal perangkingan ini harus menjadi perhatian yang serius bagi webmaster? Mungkin saja tidak namun dengan pertimbangan memberikan pengalaman yang terbaik kepada pengunjung situs web/blog bisa menjadi pertimbangan serius bagi webmaster dan juga Google.

Kepowan-FaktorRankingSEO2015KebergunaanSeluler.png

Berikut kutipan isi surat elektronik yang memberitahukan tingkat Kebergunaan Seluler:

Sistem Google telah menguji 1 laman dari situs Anda dan menemukan bahwa 100% laman tersebut memiliki kesalahan kegunaan seluler yang kritis. Kesalahan di 1 laman ini sangat memengaruhi cara pengguna seluler memperoleh pengalaman dari situs web Anda. Laman ini tidak akan dianggap mobile-friendly oleh Google Penelusuran, oleh karena itu laman akan ditampilkan dan diberi peringkat dengan semestinya untuk pengguna ponsel cerdas.

Pada kalimat dibaris terakhir sangat jelas bahwa Google tidak akan memberikan peringkat yang bagus bagi situs web/blog yang tidak dapat tampil dengan baik pada perangkat mobile.

Sebagai langkah awal untuk mengetahui tingkat Kebergunaan Seluler, sebaiknya webmaster mempertimbangkan pengaplikasian berkas flash karena berkas flash tersebut kemungkinan besar tidak dapat dirender pada perangkat mobile. Yang kedua adalah mendefinisikan meta viewport untuk mengantisipasi penggunaan perangkat oleh pengunjung situs mulai dari perangkat Desktop, tablet atau ponsel pintar lainnya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengaplikasian huruf baik jenis maupun ukuran serta tingkat kerenggangan yang tidak saja memudahkan untuk dibaca namun juga untuk keperluan navigasi.

Untuk membuat situs web/blog menjadi mobile friendly memang tidak mudah namun dengan bantuan alat yang tepat hal itu dapat dicapai. Seperti pada Google Developers terdapat beberapa alat/aplikasi yang dapat dioperasikan untuk membuat situs web/blog menjadi mobile friendly dan situs web lainnya yang menyediakan aplikasi/tool penguji.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..