Rabu, 10 Desember 2014

5 Triks Microsoft Office Excel Untuk SEO

Menjadi tantangan tersendiri bagi seorang webmaster (sebutan umum kepada pengelola situs web/blog) untuk dapat mengoptimisasi situs web/blog yang dikelolanya. Teknik SEO yang paling mendasar adalah bagaimana membuat judul dan memberikan deskripsi yang sesuai baik untuk keseluruhan situs web/blog atau pada posting. Banyak yang menyarankan untuk pemberian judul harus dapat disampaikan dalam 70 karakter sedangkan untuk pemberian deskripsi sebaiknya harus dapat dirangkum dalam 156 karakter. Dengan menggunakan Microsoft Office Excel maka paling tidak akan memudahkan untuk melakukannya.

Berikut ini adalah 5 Triks Microsoft Office Excel Untuk SEO, yaitu:

Kepowan-5TriksMicrosoftOfficeExcelUntukSEO.png

#1 Menghitung Jumlah Karakter

Sebagaimana telah disebutkan diatas, memberikan judul dan deskripsi yang sesuai harus dibarengi dengan jumlah karakter yang terbatas. Untuk memonitor jumlah karakter yang disusun untuk membuat judul dan deskripsi maka bisa menggunakan fungsi LEN. Penerapan: Tempatkan judul pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi =LEN(A1), tekan enter maka Anda akan mengetahui dengan jelas berapa banyak karakter yang ada.

#2 Merubah Karakter

Untuk merubah karakter dalam suatu kalimat, misalnya jika menginginkan setiap kata dalam kalimat tersebut diawali dengan huruf kapital maka dapat menggunakan fungsi PROPER. Penerapan: Tempatkan kalimat pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi =PROPER(A1), tekan enter maka Anda mendapatkan setiap kata dalam kalimat tersebut diawali dengan huruf kapital.

Jika ingin merubah setiap kata dalam kalimat tersebut menggunakan huruf kapital maka dapat menggunakan fungsi UPPER. Penerapan: Tempatkan kalimat pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi = UPPER(A1), tekan enter maka Anda mendapatkan setiap kata dalam kalimat tersebut menggunakan huruf kapital.

Jika ingin merubah setiap kata dalam kalimat tersebut menggunakan huruf kecil maka dapat menggunakan fungsi LOWER. Penerapan: Tempatkan kalimat pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi = LOWER(A1), tekan enter maka Anda mendapatkan setiap kata dalam kalimat tersebut menggunakan huruf kecil.

#3 Hyperlink

Untuk membuat hyperlink yang merupakan gabungan antara Anchor Text dan URL maka penerapannya dapat dilakukan dengan menempatkan Anchor Text pada kolom A1 dan URL pada kolom B1 kemudian pada kolom C1 inputlah fungsi =HYPERLINK(A1, B1).

Untuk menyingkat URL yang panjang yang aktif maka penerapannya dapat dilakukan dengan menempatkan URL pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi =HYPERLINK(A1,(LEFT(A1,30)&"…"&RIGHT(A1,20))).

Untuk menyingkat URL yang panjang yang tidak aktif maka penerapannya dapat dilakukan dengan menempatkan URL pada kolom A1 dan pada kolom B1 inputlah fungsi =(LEFT(A1,20)&"…"&RIGHT(A1,15)).

#4 Menggabungkan Dua Atau Lebih Kata

Trik ini sangat berguna jika ingin menyusun katakunci yang panjang dimana biasanya merupakah gabungan dari varian kata dari kata yang sama. Penerapannya: tempatkanlah setiap kata yang pertama pada kolom A1, kata yang kedua pada kolom B1 dan kata yang ketiga pada kolom C1 kemudian pada kolom D1 inputlah fungsi =CONCATENATE(A1," ",B2," ",C3). Jika ingin tidak ada spasi dari setiap kata maka gunakanlah fungsi =CONCATENATE(A1,B1,C1).

#5 Mengekstrak Domain

Jika Anda memiliki URL dan ingin mengetahui domain apa yang berada didalamnya maka dapat melakukannya dengan cara: Tempatkan URL pada kolom A1 dan pada kolom B1 silakan memilih dari salah satu yang disebutkan dibawah ini:
  • Dengan http://, dapat dengan fungsi =LEFT(A1, FIND("/",A1,8))
  • Tanpa http:// , dapat dengan fungsi =IFERROR(IF(ISNUMBER(SEARCH("://",A1)),MID(A1,SEARCH("://",A1)+3,SEARCH("/",A1,SEARCH("://",A1)+3)-SEARCH("://",A1)-3),LEFT(A1,SEARCH("/",A1)-1)),A1)
  • Tanpa http://www. , dapat dengan fungsi =SUBSTITUTE(IFERROR(LEFT(A1,FIND("/",A1,10)-1),""),"http://www.","")
  • Top Level Domain, dapat dengan fungsi =(RIGHT(SUBSTITUTE(IFERROR(LEFT(A1,FIND("/",A1,10)-1),""),"http://www.",""),3))
Demikianlah beberapa fungsi dari Microsoft Office Excel yang dapat menunjang SEO.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..