Sabtu, 02 Mei 2015

Cara Membuat Blog WordPress Dengan Scriptacolous

WordPress merupakan salah satu perangkat lunak pembuat blog yang paling banyak digunakan di dunia. Membuat blog dengan WordPress dapat memberikan tantangan tersendiri karena tidak hanya muncul tuntutan untuk membuat konten yang baik tetapi penggunanya juga harus mampu menjaga performa perangkat lunaknya. Perangkat lunak WordPress secara terus-menerus berevolusi dimana hingga saat ini versi yang beredar adalah versi 4.2. Meski perangkat lunak WordPress sudah cukup baik namun ia akan memberikan performa yang lebih baik lagi jika didukung dengan beragam plugin (yang juga mengalami evolusi sehingga harus diperbarui).

Perangkat lunak WordPress bisa didapatkan secara gratis pada tautan berikut Download WordPress. Tapi jika tidak ingin mengunduhnya maka bisa memanfaatkan Scriptacolous yang menyertakan versi perangkat lunak WordPress terkini sehingga tidak perlu bersusah payah mengunduh dan juga mengunggahnya kembali ke ruang hosting. Scriptacolous hanya dapat diakses melalui panel kendali yang ada pada penginang situs web/blog. Untuk mencari penginang situs web/blog yang memiliki Scriptacolous, silakan membuat blog sekaligus mendapatkan subdomain gratis di stania.ga. Contoh URL yang akan didapat adalah http://istimewa.stania.ga/. Jika sudah membuat/ mendapatkan subdomain gratis, akseslah panel kendali kemudian klik tautan Try the new Script Installer!. Klik Instal pada logo WordPress dan isilah form instalasi dengan baik dan benar.

Kepowan-CaraMembuatBlogWordPressDenganScriptacolous.png

Petunjuk pengisian form instalasi:
  • Pada bagian Software Setup, kosongkan saja kotak In Directory.
  • Pada bagian Site Settings, isi kotak Site Name (untuk memberi nama blog) dan Site Description (untuk memberikan deskripsi blog).
  • Pada bagian Admin Account, isi kotak Admin Username, Admin Password dan Admin Email.
  • Pada bagian Choose Language, silakan pilih bahasa utama dari blog.
  • Isi kotak Email installation details to jika ingin mendapatkan notifikasi penginstalan.
  • Klik tombol Install.
  • Klik Administrative URL yang tercantum untuk mulai membuat blog.

Segera setelah Anda berhasil membuat blog maka lakukanlah berbagai pengaturan termasuk pengaturan plugin yang dapat mengoptimasi performa blog yang Anda kelola. Dalam pemilihan plugin memang tidak bisa sembarang oleh karena itu perlu sedikit usaha untuk mengetahui Plugin Wajib WordPress yang umumnya adalah Akismet, Jetpack, WP Super Cache, bbPress dan lainnya. Plugin yang telah disebutkan bisa didapatkan secara langsung dari dasbor tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis namun tidak ada salahnya jika ingin lebih mengoptimasi maka harus merogoh kocek karena harganya cukup mahal. Yang perlu menjadi atensi adalah hindari menggunakan banyak plugin karena akan menguras sumber daya blog (misalnya ruang simpan dan lebar pita (bandwidth)).

Demikian Cara Membuat Blog WordPress Dengan Scriptacolous. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
..:: Top Entri Mingguan ::..